Jumat, 09 Juli 2021

Rindu Untuk Pulang

Rindu Untuk Pulang 

Anak-anak seusia saya yang tinggal di sekitar Purwosari Solo, pasti mengenal beliau. Masyarakat juga tidak asing dengan suara adzan beliau. Bapak Hilal Mushoim, kami memanggil beliau Pakdhe Soim, adalah ulama, Imam di masjid Al-Qomar Purwosari Solo, sebuah masjid di dekat rel bengkong jl slamet riyadi solo. Masjid kecil yang cukup populer saat itu, mengingat di kawasan itu belum banyak masjid yang berdiri seperti sekarang.

 Banyak anak tentu masih mengingat "cengkok" irama beliau ketika membaca surat Al fatihah, al Kafirun, Al Nasr ketika mengimami jamaah sholat magrib. Bahkan setelah 30 tahun lebih, saya masih mengingatnya sampai sekarang.

Alhamdulillah, dibulan syawal kemarin, 26 mei 2021, saya masih berkesempatan bersilaturahim ke tempat beliau. Dan alhamdulillah, diusia beliau yang ke 85, beliau masih lancar menjadi imam sholat berjamaah. Diantara percakapan kami adalah, beliau sampaikan bahwa teman teman beliau seusia sudah lebih dulu "pulang". Ada nada kerinduan beliau ketika mengatakan itu. Begitulah, ketika seorang hamba telah merasa diberi usia yang panjang untuk hidup didunia, melaksanakan pengabdian sebagai seorang manusia, maka setelahnya yang muncul adalah kerinduan ingin pulang kepada Zat yang menciptakannya. Alloh Ta'ala..

Dan pagi ini ketika saya mendengar kabar bahwa beliau wafat tadi malam, dihari selasa, 7 juli 2021. Saya langsung meluncur ke karanganom klaten, kampung halaman beliau, sekaligus peristirahatan terakhir. Ada rasa kehilangan yang mendalam. Sepanjang jalan mulut tak henti membaca surat Al Fatihah, Al Kafirun, An Nasr dengan cengkok yg saya hafal dari beliau. dengan niatan smoga Alloh Ta'ala menjadi kan nya amalan ilmu yg manfaat bagi beliau.

Innalillah wa innailaihii roojiuun..
Saya bersaksi bahwa Almarhum Bpk Hilal Mushoim adalah seorang yang sholeh dan sangat sabar, berdakwah memgajarkan agama Islam kepada masyarakat. Smoga Alloh Ta'ala ampuni dosa-dosanya, menerima amal kebaikannya, menempatkan di jannah-Nya. aamiin.