Selasa, 23 Mei 2023

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid al-Muttaqin Grebegsari Kalices Patean.

 Selasa, 23 Mei 2023 jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) beserta Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Patean, MPU dan MCI melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid al-Muttaqin Grebegsari Kalices Patean.

Kegiatan ini mendapat antusias baik dari warga setempat, baik dari jamaah Muhammadiyah maupun jamaah yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh kerukunan antar jamaah dalam membangun tempat ibadah mereka.

Tidak jauh dari lokasi pembangunan masjid sekitar 50 meter terdapat bangunan gereja untuk umat kristiani. Alasan inilah yang menjadi penyemangat warga untuk dapat membangun tempat ibadah yang nyaman untuk para jamaah.

Ucapan syukur pun diucapkan oleh Pimpinan Ranting Grebegsari sekaligus takmir masjid al-Muttaqin Grebegsari. Musripin mengatakan bahwa angan-angan jamaah dalam membangun masjid sangat tinggi.

“Grebegsari merupakan dusun terpencil di kecamatan Patean dengan jumlah jamaah yang tidak banyak. Namun keinginan jamaah dalam mendirikan masjid sangatlah tinggi apalah daya kekuatan jamaah kami tak mampu untuk mewujudkan nya sendiri. Maka dari itu kami meminta bantuan kepada lembag-lembaga sosial untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan keinginan jamaah tersebut.”

Musripin melanjutkan kami sangat memohon kepada bapak ibu semua untuk dapat menumbuhkan semangat kami dalam mewujudkan impian membangun masjid yang nyaman, pungkasnya.

Disisi lain Khoirudin selaku ketua PCM Patean mengatakan Pimpinan Cabang ikut nimbrung dalam kegiatan keagaan di Grebegsari sudah sejak beberapa tahun yang lalu.

“Berkaitan dengan pembangunan masjid ini kami jajaran PCM mensupport kegiatan tersebut dengan menggerakan jamaah di ranting lainnya untuk galang donasi pembangunan masjid tersebut”, ungkapnya.

Khoirudin melanjutkan bahwa galang donasi tersebut meliputi jamaah Muhammadiyah Patean khususnya, AUM seperti tempat Pendidikan dan TPQ dan juga kotak infaq masjid se cabang Patean. Semoga donasi dikumpulkan satu pintu di Lazismu KL Patean guna ketertiban administrasi dan transparansi, pungkasnya.

Kegiatan ini ditutup dengan tausiyah singkat dari PDM Kendal, pada kesempatan kali ini dihadiri langsung oleh Ketua PDM Kendal bapak Ikhsan Intizam.

Dalam tausiyahnya beliau mengatakan apapun yang terjadi masjid di Grebegsari harus berdiri. Kita support Bersama karena ini merupakan kewajikan kita mendirikan tempat beribadah sesuai sabda Rasulullah saw.

Ikhsan melanjutkan untuk urusan materi insyaAllah kita banyak kenalan untuk dijadikan donator.

“Berapapun nominal yang dikeluarkan oleh seseorang untuk membantu pembangunan masjid al-Muttaqin harus diterima dan akan menjadi amal baik. Jangan pernah khawatir ketika membangun rumah Allah akan menjadi kekurangan, menjadi terlantar atau menjadi miskin”.

Beliau berpesan kepada seluruh takmir masjid agar menjadikan masjid yang dapat melayani jamaah 24 jam. Ini merupakan kegiatan dakwah yang mudah dan simpel untuk para jamaah yang akan melaksanakan ibadah di luar waktu jamaah, pungkasnya.

Terakhir kegiatan ini ditutup dengan ceremonial peletakan batu pertama yang dilakukan oleh ketua PDM Kendal, Ketua PCM Patean, Manager Lazismu Kendal dan ketua MCI. Semoga dengan kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk pembangunan masjid al-Muttaqin Grebegsari Patean Kendal.