Jumat, 09 Juni 2017

Merintis UMKM Kerajinan Busur Panah


Panahan kini menjadi salah satu olahraga yang cukup populer, baik di mancanegara maupun Indonesia. Tren ini tak terlepas dari kemunculan berbagai film yang menampilkan tokoh-tokoh jago memanah. Dari The Lord of The Rings lewat tokoh Legolas, The Hunger Games dengan tokohnya Katniss Everdeen, Brave hingga yang terbaru 3 Srikandi.

Ya, booming olahraga panahan di Indonesia sendiri makin marak setelah kemunculan film 3 Srikandi. Film nya sendiri masih dalam proses syuting, namun gaungnya sudah cukup ramai. 3 Srikandi sendiri merupakan film yang mengangkat kisah nyata tiga atlet panahan Indonesia yang memenangkan olimpiade di Seoul pada 1988. Dibintangi oleh aktris Chelsea Islan, Tara Basro dan Bunga Citra Lestari.

"Sekarang peminatnya luar biasa. Dulu saya latihan (tahun 2012) masih jarang orangnya. Tapi sekarang datang dari mana-mana dan jumlahnya banyak luar biasa," ujar pelatih panahan Eka Septia Wulan saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Senin (14/9/2015). cuplikan berita
(https://wolipop.detik.com/read/2015/09/15/131128/3019225/849/tak-sekadar-jadi-tren-ini-manfaat-ikut-olahraga-panahan)

Sedikit tentang UMKM adalah singkatan dari kata Usaha Mikro Kecil dan Menengah.  Istilah Usaha Mikro Kecil dan Menengah apabila disingkat yaitu menjadi UMKM. Akronim  UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan singkatan/akronim tidak resmi dalam Bahasa Indonesia. (Sumber: http://www.organisasi.org/1970/01/arti-singkatan-umkm-kepanjangan-dari-umkm-kamus-akronim-bahasa-indonesia.html)
 
 Menagkap peluang usaha UMKM dari tren panahan mendorong saya untuk merintis usaha ini mulai dari nol. Berawal dari anak minta dibelikan mainan panahan, saya memulai perjalanan sebagai produsen busur panah.
Karena mengajari anak memanah merupakan salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW, maka pergilah saya ke toko untuk membeli mainan panah, harga ga terlalu mahal sih, 50 ribu udah dapat mainan panah. Sampai dirumah, baru dibuat mainan beberapa kali,,eeh panah udah rusak. Dari situ saya mulai berfikir, kenapa tidak membuat mainan panah sendiri?

Saya sama sekali tidak memiliki pengalaman membuat alat memanah, maka kemudian saya coba mencari info tentang panahan, browsing sana, browsing sini, Klik sana, klik sini. Mulai nyari foto foto panahan, mencari video cara membuat panahan dan lain-lain. Alhamdlillah, ternyata di yutub banyak sekali orang baik yang memposting cara-cara membuat busur panah. Mulai dari yang sulit sampai yang mudah dikerjakan dengan alat sederhana, semua saya tonton...Berbekal iseng saya coba buat satu busur buat anak. Masih ingat betul, sepulang kerja langsung mulai ambil bahan dan memulai proses membuat satu busur anak. Setelah kurang lebih dua jam, jadilah busur panah "eksperimen" tersebut. Alhmadulillah, anak menyambut gembira hasil karya saya...Dari iseng inilah saya mencoba untuk menjual hasil karya saya, dan kembali saya mengucap syukur alhamdulillah, ternyata masyarakat menyambut baik."(Uraian diatas juga telah saya posting di blog saya http://arjunacollections.blogspot.co.id/2016/10/tentang-arjuna-archery-panahan_31.html)

Saya belajar bahwa segala sesuatu harus dimulai dari Visi atau tujuan. Mengambil prinsip bahwa segala perbuatan tergantung kepda niatnya. Maka mulailah saya menyusun Visi. Setelah merenung beberapa waktu, maka saya menentukan visi dari usaha panahan ini adalah
Melestarikan Sunah Memanah, Menebar Berkah. 
 
Naah selanjutnya tinggal menyusun msi-misi untuk mewujudkannya...hemmm apa ya..saya coba ambil satu deret pertama dari kalimat : Melestarikan Sunah Memanah...
 
dan kalimat deret kalimat kedua..Menebar Berkah. 

akhirnya tersusunlah misi sebgai berikut:
 
MISI

1. Memproduksi Sendiri Alat Olah Raga Memanah
2. Menjual Alat Memanah Dengan Harga Murah
3. Bekerja Keras dan Innovasi
4. Siap Bekerjasama Untuk Memajukan Olahraga Memanah
5. Setiap Aktifitas Harus Menebar Berkah
 
Kenapa bisa seperti itu...kalau berminat bisa kita diskusikan lagi...yang jelas kami menggunakna prinsip prinsip antara lain:

KAMI ADALAH PRODUSEN, Arti produsen/pro·du·sen/ /produsén/ n adalah penghasil barang. Kami memilih untuk menjadi produsen. Karena dengan menjadi produsen kami akan mampu memberikan harga jual yang murah kepada konsumen kami. Kami  belajar, jika orang lain bisa membuat, maka kami pun juga harus bisa! Tapi harap diingat...walaupun murah..tapi MURAH TAPI TIDAK MURAHAN, Harga busur panah kami tidak mahal, namun  kami  bekerja keras agar barang yang kami jual memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dijual.

INNOVASI adalah kata kuncinya...Sebagai produsen alat panahan, kami  berusaha keras untuk memperbaiki kualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Masukan dan kritik membangun dari para konsumen menjadi bekal kami untuk selalu melakukan innovasi.

OPEN WHORKSHOP, Arjuna Archery mempersilahkan siapa saja untuk datang ke display dan workshop kami. Alamat workshop kami ada di atas...Kami terbuka untuk sharing untuk saling menularkan ilmu yang bermanfaat.
TERBUKA UNTUK KERJASAMA, Arjuna Archery siap bekerjasama dengan semua pihak/masyarakat yang berminat untuk bergabung dalam usaha ini. Salah satu harapan kami adalah mampu membina dan bermitra dengan perajin panahan di daerah dusun kami.
alhamdulillah...sekarang usaha kami sudah memiliki ijin usaha:
LEGALITAS
Usaha Kerajinan Panahan Arjuna Archery Terdaftar dengan Ijin Usaha Nomor: SIUP: 11.08/33.24.03/5/47/006/KEC.SKJ Tanggal 3 Mei 2017
 
  
 
Perkembangan Busur panah yang kami produksi di bengkel kreatif Arjuna Archery
Model pertama

Model kedua (artisnya bernama mas Tegar..hehehe)

arjunacollections.blogspot.co.id
Model ketiga (jenis horsbow)


arjunacollections.blogspot.co.id 
Model Recurve (Standar Persatuan Panahan Indonesia) 

Kegiatan arjuna Colections

 Stan Pameran


Latihan bersama Kendal Archery Club (KAC)
arjunacollections.blogspot.co.id



Edukasi oleh Coach Adi dari KAC

latihan bersama


Alhamdulillah...dengan ridho Alloh SWT...berawal dari hobby..usaha UMKM panahan ini dari hari kehari semakin berkembang
Saat ini Team Kreatif Arjuna Collections masih sangat ramping.. ada Bro Ajik, Bro aziz dan Bro Amri..dari team kecil ini saat ini kami mampu memproduksi 15 Busur Panah perhari.

Dengan mengharap rahmat Alloh Swt mudah mudahan cita cita membentuk klaster kerajinan panahan di sukorejo bisa terwujud..aamiin

Untuk pemasaran saat ini kami bekerjasama dengan 15 Reseller yang tersebar di beberapa kota.

Mohon doanya..
mudah mudahan Alloh meridhoi sehingga semakin hari team kami akan semakin banyak...aamiiin...

alamat Jualan kami bisa di akses di:

KONTAK Arjuna Archery di

Lokasi Workshop: Dsn Gendring, Ds Kebumen RT 5 RW 03 , Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah Indonesia
Hp. +628112558881
Email: suprapto059@gmail.com
Http://arjunaarcher.Com