Senin, 22 Mei 2017

Hemmmm....Aroma Sedap Pete Sukorejo

Bagi para penggemar masakan pete (petai), Anda punya kesempatan untuk mencicipi masakan olahan berbahan pete asli hasil bumi Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. Perlu diketahui, pete Sukorejo sangat khas, karena memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki rasa dan aroma yang lebih sedap. Konjungtur tanah di Sukorejo yang berwarna kemerahan sangat subur dan cocok untuk ditanami pohon pete dan durian, cengkeh dan aneka tanaman buah buahan lainnya.


Mencari penjual pete di Sukorejo tidak suit. Anda cukup datang saja ke alun–alun kecamatan Sukorejo dan Anda akan langsung menjumpai banyak penjual pete di sana. Harga pete per-keris (istilah perbatang) bervariasi, mulai Rp.800 sd Rp 1.200.000. Kalau Anda sedang beruntung, pada saat panen raya Anda bisa mendapatkan harga pete yang sangat murah sampai dengan Rp.600 per-kerisnya. Oleh para penjual, pete dijual per bongkok dengan jumlah sekitar 100 keris. Selain di alun-alu, Anda juga kan sangat mudah menjumpai para penjual pete di sepanjang  jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Sukorejo-Boja. Di sepanjang jalan ini Anda akan sangat banyak menjumpai penjual pete yang membawa dagangannnya dengan sepeda motor atau mobil pickup. Melewati jalan ini Anda akan sangat sering berpapasan dengan para pedagan pete Sukorejo.

Ditangan koki handal, biji pete sangat sedap diolah menjadi berbagai masakan. Pete dapat diolah untuk  sayur sambal goreng, semur dan masakan lezat lainnya. Pete juga dapat langsung dikonsumsi mentah sebagai lalapan, dikombinasai dengan sambal dan tempe goreng…hemmm..sedaap!!


Pete dan Manfaatnya
Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
PMS (premenstrual syndrome)
Jika mengalami PMS saat ‘ tamu ‘ datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.
Sumber lengkap: http://doktersehat.com/pete-dan-manfaatnya
Kecamatan Sukorejo berada di kabupaten Kendal Jawa Tengah Indonesia. Lokasinya sangat strategis karena menghubungkan antara sisi selatan jawa tengah (Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Kedu, Parakan) dengan sisi utara jawa tengah (weleri, Kendal, Semarang). Masyarakat Sukorejo kebanyakan berprofesi sebagai petani, peternak dan pedagang. Untuk pertanian selain petani padi juga cengkeh, kopi dan hasil bumi lainnya. Untuk bidang peternakan banyak didominasi  oleh para peternak ayam petelur.

Sumber gambar peta: https://rajawaliselatan.wordpress.com